Senin, 28 September 2009

Ide Bisnis Prospektif

Sebenarnya gampang gampang mudah untuk menemukan ide bisnis. Yang paling mudah adalah buka mata lebar-lebar. Selagi menonton tv misalnya, iklan produk apa yang bisa menarik perhatian anda? Atau, headline berita koran seperti apa yang lebih dulu tertangkap mata anda?

Terus cari hal-hal yang bisa "menjual" di sekeliling kita setiap hari. Juga perhatikan apa saja yang bisa menurunkan minat anda pada suatu produk. Gali trend produk/jasa, kebiasaan pembeli, dan cara menjual yang paling efektif. Jaga mindset anda agar tetap fresh dan aktif sepanjang waktu. Believe me, ide bisnis akan mengalir dengan sendirinya.

Next, apakah ide bisnis itu prospektif? Bisa mendatangkan penghasilan? Punya potensi besar untuk jangka panjang? Ide bisnis bisa dibilang prospektif jika sudah teruji minimal dari segi ekonomis, teknis dan prospek masa depannya.

Dari segi ekonomis, perlu dilihat sejauh mana tingkat keuntungan yang diperoleh, dengan daya serap pasar dan modal untuk operasional bisnis. Kalau dalam perhitungannya merugi, buat apa?

Penting juga untuk mengukur kemampuan anda untuk menjalankan ide bisnis tersebut, apakah modal anda sudah cukup untuk memproduksi barang/jasa yang akan dijual? Bagaimana dengan sumber daya manusianya ?

Sedangkan dari segi prospeknya, pastikan ide bisnis yang dipilih bukan bisnis musiman. Plus, jangan lupa untuk selalu berinovasi agar produk/jasa punya nilai tambah dan berdaya saing tinggi.

sumber artikel : http://www.dexton.adexindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar